Bandara Paling Besar Di Dunia
Bandar Udara Internasional Al Maktoum
merupakan sebuah bandar udara kolosal baru yang sedang dalam
konstruksi di dekat Jebel Ali, selatan Dubai, di Uni Emirat Arab. Nama
sebelumnya adalah "Bandar Udara Internasional Jebel Ali" dan
"Bandar Udara Kota Jebel Ali". Bangunan ini akan menjadi bagian dari
World Central Dubai, sebuah komplek perumahan, perkantoran dan logistik. World
Central merupakan platform logistik tepercaya pertama di dunia, dengan semua
jenis transportasi, logistik, termasuk pembuatan dan penyelesaian akhir, pada
lingkungan bebas pajak.
Pada jantung komunitas baru, didirikan Bandar Udara Internasional World Central Dubai, hub kargo dan komersial terbesar di dunia, sepuluh kali lebih besar dari Bandar Udara Internasional Dubai dan Dubai Cargo Village apabila digabung.
Pada jantung komunitas baru, didirikan Bandar Udara Internasional World Central Dubai, hub kargo dan komersial terbesar di dunia, sepuluh kali lebih besar dari Bandar Udara Internasional Dubai dan Dubai Cargo Village apabila digabung.
Bandar udara ini akan menangani 12 juta ton kargo pada awal
operasinya, tiga kali lebih banyak dari Memphis, hari ini masih menjadi hub
kargo terbesar, dan kapasitas penumpangnya lebih dari 120 juta orang - 50%
lebih banyak dari Atlanta, sekarang masih menjadi bandar udara tersibuk di
dunia.
Dibangun untuk masa depan, World Central Dubai dirancang
untuk menangani semua jenis pesawat, termasuk super-jumbo A380. Empat pesawat
dapat mendarat sekaligus pada waktu yang sama, 24 jam sehari, mengurangi
antrian pesawat untuk mendarat.
Bandar udara terbesar di daerah tersebut, World Central
Dubai akan mencakup:
6 landasan paralel dengan panjang 4.5 km, setiap landasan
dipisahkan sepanjang 800 meter.
Tiga terminal penumpang termasuk dua fasilitas mewah, yang pertama dikhususkan untuk maskapai dari Emirates Group, yang kedua untuk maskapai lainnya, dan yang ketiga untuk untuk maskapai bertarif rendah.
Concourse ganda
Pusat jet Executive and Royal
Hotel dan pusat perbelanjaan (termasuk toko-toko termahal)
Fasilitas pendukung dan perawatan: satu-satunya hub di daerah itu untuk Cek A, B, dan C pada semua jenis pesawat hingga spesifikasi A380
Lapangan parkir untuk 100,000 kendaraan (ada yang di bawah tanah) untuk staf bandara dan penumpang
Bandar Udara Internasional World Central Dubai dan Bandar Udara Internasional Dubai akan dihubungkan oleh sebuah jaringan kereta api ekspres
World Central Dubai juga akan dilayani oleh Dubai Metro dan sebuah jaringan kereta api di Dubai World Central.
Tiga terminal penumpang termasuk dua fasilitas mewah, yang pertama dikhususkan untuk maskapai dari Emirates Group, yang kedua untuk maskapai lainnya, dan yang ketiga untuk untuk maskapai bertarif rendah.
Concourse ganda
Pusat jet Executive and Royal
Hotel dan pusat perbelanjaan (termasuk toko-toko termahal)
Fasilitas pendukung dan perawatan: satu-satunya hub di daerah itu untuk Cek A, B, dan C pada semua jenis pesawat hingga spesifikasi A380
Lapangan parkir untuk 100,000 kendaraan (ada yang di bawah tanah) untuk staf bandara dan penumpang
Bandar Udara Internasional World Central Dubai dan Bandar Udara Internasional Dubai akan dihubungkan oleh sebuah jaringan kereta api ekspres
World Central Dubai juga akan dilayani oleh Dubai Metro dan sebuah jaringan kereta api di Dubai World Central.
Bandar udara ini merencanakan untuk membangun 6 landasan
paralel sepanjang 4,500 m, dengan komplek penumpang besar di tengahnya. Tiga
landasan dibangun pada sebuah sisi komplek, sementara tiga landasan lain
dibangun di sisi lainnya. Setiap landasan akan memiliki pathway yang diperluas
di sisi lainnya yang membolehkan pesawat melakukan by-pass ke landasan lain dan
taxiway tanap mengganggu pergerakan pesawat di landasan dan taxiway. Bandar
udara ini merupakan komponen terbesar di Dubai World Central. Apabila selesai
dibangun, bandar udara tersebut dapat menangani 120 juta penumpang dan 12 juta
ton kargo. Landasannya yang besar dan jauh membolehkan berbagai macam lepas
landas dan pendaratan.
Pencapaian Dubai mengenai peningkatan lalu lintas udara
adalah membangun fasilitas yang dapat menjadi hub ideal untuk penerbangan
transit dari Asia Pasifik, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan
Australia (untuk rute Kangguru)--Australia menuju Eropa/Inggris dan vice
versa).
Apabila selesai, World Central Dubai menjadi bandar udara
terbesar ke-4 (menurut ukuran). Hanya tiga bandar udara yang lebih besar
daripada Dubai World Central:
Bandar Udara Internasional King Fahd (di Dammam, Arab Saudi,
yang lebih besar daripada negara Bahrain) (780 km²)
Di Montreal, Kanada, yaitu Bandar Udara Internasional Montreal-Mirabel (392 km²)
Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi (225 km²).
Di Montreal, Kanada, yaitu Bandar Udara Internasional Montreal-Mirabel (392 km²)
Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh, Arab Saudi (225 km²).
Komplek ini dapat menjadi fasilitas udara terbaik bagi A380
di dunia sejak semua gerbang aerobridge (garbarata) sanggup menangani pesawat
ini, menurut model masterplan.
Fasilitas ini, bagaimanapun, awalnya akan menangani maskapai
kargo. Beberapa gudang besar dan hanggar didirikan di bagian paling barat dari
bandar udara. Gudang dan/atau hanggar ini akan memanjang dari ujung-ke-ujung
landasan paling barat. Setiap gudang dan/atau hanggar ini dapat memasukkan
pesawat A380.
Bandar udara ini akan mengimbangi Bandar Udara Internasional
Dubai, sekitar 40 km (24 mil) jauhnya. Bandar udara itu sendiri dikelilingi
oleh sebuah hub logistik besar, sebuah lapangan golf supermewah (dengan
perumahan pinggir kota di antara green dan fairway), sebuah perdagangan mahal
dan fasilitas eksibisi (3 juta m² lapangan eksibisi--dapat menjadi
situs/lokasi/alamat/tujuan eksibisi tunggal terbesar di dunia), sebuah distrik
perkantoran besar, dan distrik perumahan luas
Karena skala masterplan yang sangat besar, beberapa orang menganggap bahwa Dubai World Central merupakan proyek bandar udara paling ambisius yang pernah dibayangkan. Perkiraan biaya untuk proyek ini oleh pemerintah Dubai adalah US$82 miliar.Aerotropolis ini dapat US$62 miliar lebih mahal daripada Proyek Inti Bandar Udara Internasional Hong Kong-Chek Lap Kok--yang menghabiskan biaya sekitar US$20 miliar (nilai dolar tahun 1997) dari pemerintah Hong Kong. Proyek Dubai World Central ini juga menjadikan sebuah proyek tunggal paling mahal di dunia sepanjang sejarah (dengan kemungkinan pengecualian bagi Dubai Waterfront, The Palm Deira, dan New Songdo Intelligent City)
Karena skala masterplan yang sangat besar, beberapa orang menganggap bahwa Dubai World Central merupakan proyek bandar udara paling ambisius yang pernah dibayangkan. Perkiraan biaya untuk proyek ini oleh pemerintah Dubai adalah US$82 miliar.Aerotropolis ini dapat US$62 miliar lebih mahal daripada Proyek Inti Bandar Udara Internasional Hong Kong-Chek Lap Kok--yang menghabiskan biaya sekitar US$20 miliar (nilai dolar tahun 1997) dari pemerintah Hong Kong. Proyek Dubai World Central ini juga menjadikan sebuah proyek tunggal paling mahal di dunia sepanjang sejarah (dengan kemungkinan pengecualian bagi Dubai Waterfront, The Palm Deira, dan New Songdo Intelligent City)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar